Cara Mendaftar PPPK 2019 di Portal SSCASN.BKN.GO.ID

Cara Mendaftar PPPK 2019 di Portal SSCASN.BKN.GO.ID. Rekrutmen P3K tahap pertama akhirnya dibuka. Kebutuhan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendesak dan menjadi prioritas Pemerintah menjadi salah satu alasan diselenggarakannya rekrutmen P3K.

Sistem pendaftaran P3K akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) via https://sscasn.bkn.go.id yang dapat diakses secara serentak pada Jumat, 8 Februari 2019 pukul 16:00 WIB kemarin. Selanjutnya untuk proses seleksi akan menggunakan sistem seleksi Computer Asissted Test (CAT) Ujian Nasional Berbasis Komputer Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cara Mendaftar PPPK 2019 di Portal SSCASN.BKN.GO.ID

Rekrutmen P3K pada tahap I meliputi THL Penyuluh, Dosen PTN Baru, serta eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II) untuk jabatan Guru (termasuk Guru Kemenag), Tenaga Kesehatan, Penyuluh Pertanian. Dalam database BKN tahun 2013 dan memenuhi persyaratan Peraturan Perundang-Undangan, salah satunya usia pelamar P3K maksimal 1 tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang akan dilamar.

Cara Mendaftar PPPK 2019 di Portal SSCASN.BKN.GO.ID

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sistem pendaftaran PPPK tahun 2019 dilakukan secara online yang terintegrasi ke situs resmi nasional SSCASN. Portal resmi pendaftaran PPPK / P3K tahun 2019 ini sudah bisa diakses sejak Jumat, 8 Februari 2019. Namun pendaftaran online dijadwalkan mulai tanggal 10 – 16 Februari 2019.

Mengakses Portal SSCASN 2019

  1. Pelamar mengakses portal SSCASN tahun 2019 yang beralamat https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Setelah terbuka, ada 4 menu yang tersedia, Menu SSCN, SSP3K, SSCN DIKDIN dan Helpdesk. Silahkan pilih menu SSP3K jika anda ingin mendaftar sebagai Calon Tenaga PPPK 2019 atau bisa langsung mengakses laman berikut https://ssp3k.bkn.go.id/.
  3. Pelamar bisa melihat informasi penerimaan PPPK 2019 melalui laman tersebut dengan mengakses menu “Layanan Informasi”.

Membuat Akun

  1. Pilih menu “Registrasi”.
  2. Pelamar mengisi Nomor Peserta Ujian K-2, Tanggal Lahir, NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga.
  3. Pelamar mengisi alamat email yang masih aktif, password dan pertanyaan keamanan.
  4. Pelamar mengunggah pas photo min. 120 kb dan Max. 200 kb dengan format .JPG.JPEG.
  5. Pelamar mencetak Kartu Informasi Akun.

Log In

Setelah membuat akun, selanjutnya pelamar bisa melakukan login ke portal SSP3K menggunakan NIK dan Password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Melengkapi Data

  1. Mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sebagai bukti telah membuat akun.
  2. Memilih Jabatan dan melangkapi pendidikan.
  3. Melengkapi biodata.
  4. Mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi.
  5. Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi melalui form “Resume”.
  6. Mencetak Kartu Pendaftaran.

Nah setelah proses pendaftaran online PPPK 2019 telah selesai dilakukan. Selanjutnya bagi anda yang mendaftar di instansi yang mengharuskan untuk mengirimkan berkas atau dokumen ke alamat yang ditentukan. Maka segera anda kirimkan semua persyaratan berkas tersebut.

Sedangkan bagi anda yang mendaftar di instansi yang tidak mengharuskan untuk mengirim berkas, maka proses pendaftaran online PPPK telah selesai anda lakukan. Langkah selanjutnya ialah menunggu Tim verifikator melakukan verifikasi terhadap berkas atau dokumen yang diunggah atau dikirimkan. (Artikel ini sebelumnya tayang di yessehat.com)